Penerjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Wednesday, July 23, 2025

Belajar Bahasa Indonesia Lebih Hidup di Perpustakaan

Rabu, 23 Juli 2025 | Kelas 6 Hanafi | SD Fastabiqul Khairat

Perpustakaan kembali menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi siswa SD Fastabiqul Khairat. Kali ini, giliran kelas 6 Hanafi yang mengisi ruang baca dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang seru dan bermakna, bersama guru mereka, Bunda Aris.

Pelajaran hari ini tak dilakukan dengan mencatat atau menghafal teori. Anak-anak diajak untuk memilih sendiri buku cerita yang mereka sukai, lalu diminta untuk menemukan unsur-unsur intrinsik dari cerita tersebut — mulai dari tokoh, latar, alur, hingga amanat cerita.

Setelah membaca, mereka mulai menuliskan hasil temuan mereka. Ada yang antusias bercerita tentang tokoh favoritnya, ada pula yang penasaran dengan alur cerita yang ternyata tidak tertebak. Suasana belajar terasa santai tapi tetap fokus. Perpustakaan bukan hanya menjadi tempat membaca, tapi juga ruang untuk memahami dan menginterpretasi.

Menurut Bunda Aris, pendekatan ini bertujuan agar siswa bisa belajar memahami isi cerita secara lebih personal. Ketika anak-anak memilih sendiri cerita yang mereka baca, maka keterlibatan emosional mereka dalam memahami isi cerita pun menjadi lebih dalam.

“Kita ingin anak-anak merasa dekat dengan apa yang mereka baca. Dengan begitu, unsur-unsur dalam cerita bukan hanya teori, tapi benar-benar bisa mereka temukan dan pahami,” ujar Bunda Aris.

Kegiatan sederhana ini kembali membuktikan bahwa pembelajaran tidak harus selalu berada di dalam kelas. Perpustakaan, dengan suasananya yang tenang dan pilihan buku yang beragam, mampu menjadi ruang yang mendukung anak-anak untuk belajar secara mandiri dan bermakna.

Semoga kegiatan seperti ini terus menjadi bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan — dan tentunya, membangun kedekatan anak-anak dengan buku dan dunia cerita 🌿

No comments:

Post a Comment